SALING MENGAKU DOSA, SALING MENDOAKAN 

Bacaan: Yakobus 5

Kita pasti sangat familiar dengan perihal saling mendoakan, kita sering melakukannya. Tetapi tentang saling mengaku dosa adalah hal yang berbeda lagi, jarang orang melakukannya. Sebab dosa adalah pemisah antara manusia dengan Allah, bayangkan betapa perlunya kita membereskan dosa-dosa sebelum memanjatkan doa-doa.

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. Yakobus 5:16

Kata ‘dengan yakin’ dalam bahasa aslinya adalah ‘energeō’ dari mana kita mendapat kata energi, yang bisa  berarti berkuasa, aktif dan efisien. Itu adalah tantangan bagi setiap doa kita, yakni seberapa besar energi yang kita keluarkan untuk memanjatkan doa kita, seberapa aktif dan berkuasa serta efisien kita dalam berdoa. Namun ingat untuk memulai dengan mengakui dosa kita terlebih dahulu.

1. Orang benar itu mengakui salahnya, meninggalkan dosa-dosanya dan berdamai dengan sesamanya! Jadilah demikian maka doa kita menjadi doa orang benar.

2. Doa seseorang berkuasa tergantung kebenaran hidupnya dan seberapa yakin ia mendoakannya. Allah menyukai 2 hal itu ada dalam doa kita!

3. Ambil waktu untuk mempraktekkan pengakuan dosa dan pemanjatan doa seperti itu  hari ini juga!

Bapa, kami yakin akan apa yang kami doakan kepadaMu. Amen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s