DOSA BUKAN TENTANG PERBUATAN SEMATA

Bacaan: Markus 7

Banyak perbuatan yang kita golongkan sebagai dosa, tetapi dosa telah menjadi dosa sebelum bermanifestasi menjadi perbuatan. Dosalah yang membuat perbuatan itu terjadi, bukan sebaliknya. Dosa tersembunyi dalam hati, lalu apa yang tersembunyi itu menyeruak dalam bentuk perbuatan.

Kata-Nya lagi: “Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Markus 7:20-22

Dari firman Tuhan Yesus di atas, jelas sekali kita tidak bisa beranggapan bahwa dosa hanyalah tentang apa yang kita perbuat, kita mesti masuk lebih dalam lagi ke hati dan pikiran kita, ke motivasi internal kita. Kita mungkin belum memaki atau memukul seseorang, tetapi apabila hal itu terjadi di pikiran kita, maka kita sudah berdosa di hadapan Allah.

1. Roh Allah yang kudus tinggal di dalam hati kita, Dia tidak dapat tetap memenuhi hati yang tidak kudus. Kuduskanlah hati kita!

2. Membereskan dosa itu bukan membereskan perbuatan semata, tetapi memulainya dari hati. Sukar memaksakan perbuatan benar kepada hati yang belum bertobat!

3. Perbuatan adalah luberan isi hati kita, jika isinya benar maka keluarnya juga benar!

Bapa, ampunilah dosa kami. Amen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s